Search This Blog

Bikin Warnet Tanpa Harddisk ( Diskless )

Bikin Warnet Tanpa Harddisk ( Diskless ) - Yo Brad udeh lama saya ga nonggol nih sejak postingan terakhir.. hahaha
Mohon maklum dah Brad ogut lagi asik sama hobby ane, lagi juga lagi bingung mau buat posting apaan lagi ga ada bahan..
Blom lama ini temen saya renovasi warnetnya, tapi kali ini berbeda dengan sebelumnya..
Dimana setiap client tidak menggunakan HDD ( Hard Disk ) / SSD biasanya di bilang Diskless.
Lah emang bisa apa komputer ga pake harddisk? Lah bisa brad
Trus caranya gigimana tuh brad ? Nah ini dia brad kita bakalan bahasa gimana sih caranya bikin Diskless
Bikin Warnet Tanpa Harddisk ( Diskless )
Setelah mendapat pencerah dari sang empunya, hal yang pertama itu gimana cara membangun servernya.
Kenapa hal terping itu membangun server? dikarnakan pc client tanpa hdd, berarti sistem operasi client dibebankan oleh pc server brad.

Mari Kita bahas spek pc servernya
Spesifikasi PC Server

1. Prosessor
Untuk Procie, direkomendasikan menggunakan prosessor 4 inti kalau perlu lebih, bebas mau pake AMD atau Intel.
Contoh Prosessor 4 inti atau lebih, saya kasij punya Intel kita bisa pake seri Intel Core i5-4670 6M Cache, up to 3.80 GHz

Intel Core i5-4670 6M Cache, up to 3.80 GHz ini sudah menggunakan 4 inti prosessor sudah cukuplah buat bangun server.

Klo dari AMD saya kita bisa menggunaka AMD Vishera FX-8350 4.0Ghz Cache 8MB 95W socket AM3+, reviewnya bisa di cek Disini

2. Mainboard

Untuk mainboard, biar hardware seimbang, di rekomendasikan menggunakan mobo yang suuport kapasitas RAM lebih dari 8 GB, mempunyai port SATA lebih dari 6 Port. Rekomendasi merk yang digunakan bisa menggunakan merk, Gigabyte, Asus, MSI.

3. RAM / Memory

RAM yang dibutuhkan minimal 8GB DDR3, klo ada dana lebih biar lebih enak bisa pake 16GB.

4. Harddisk

Nah sekarang lanjut di harddisk, berapa nih kapasitas yang harus di persiapkan? kalau komputer client tidak memakai harddisk semuanya, Yup, mari kita bahas disini.
Untuk Harddisk kita bagi menjadi 3 bagian

Image Disk
Image Disk digunakan untuk menyimpan Sistem Operasi untuk client. Untuk besaran kapasitas Image Disk kita bisa menggunakan Harddisk bertipe SATA3, sebagai contoh kita bisa menggunakan harddisk WDC 1TB SATA 32MB - Caviar Black RE.

Untuk Image Disk, hanya dibutuhkan i buah harddisk. Oya for your info kalian tidak perlu menggunakan Harddisk bertipe SSD untuk Image disk, karena untuk proses Booting coterieiap customer dibantu dari RAM server, jadi proses booting tidak sepenuhnya bergantung pada kecepatan Read/Write Harddisk.

Game Disk
Game disk digunakan untuk menyimpan Game data, inilah salah satu kelebihan menggunakan software CCBoot, untuk warnet yang dikhususkan untuk game proses Patch game online hanya dilakukan i kali oleh server, jadi kita tidak perlu mem-patch coterieiap game dari coterieiap PC Client. Keren ya :D

Untuk Game Disk dibutuhkan ii buah harddisk, dan kita satukan dengan RAID0 menggunakan Win2008 Disk Manager, lalu kita konfigurasi di dalam BIOS agar condition Harddisk menggunakan AHCI mode. Untuk tutorialnya sendiri bisa dicari di mbah google atau bisa juga mencarinya lewat youtube :)

1 Buah SSD Drive untuk Cache (ukuran SSD direkomendasikan lebih dari 128 GB)

Writeback Disk
Writeback disk digunakan untuk menyimpan info dari Client, untuk Writeback Disk direkomendasikan menggunakan Harddisk bertipe SATA3, untuk opsinya, boleh menggunakan Harddisk konvensional, ataupun menggunakan Harddisk SSD.

Untuk Writeback Disk bisa menggunakan ii buah harddisk.


Kesimpulannya, untuk membangun sebuah PC Server kita membutuhkan sedikitnya vi Buah Harddisk, dan dengan begitu Server dapat menampung Client sampai 25-30 Unit.
Iseng-iseng kita bikin speknya yuk, biar tau harganya berapa untuk kebutuhan server :)


Wow 15,5 juta, tapi tunggu dulu, spesifikasi diatas bisa dipakai customer sebanyak 25-30 komputer, kalau kita pasang harddisk di coterieiap komputer customer yang harganya 700rb/pc berarti kita harus menyiapkan budget twenty Juta lagi, belum lagi waktu untuk instalasi sistem operasi, juga proses while game yang harus dilakukan di coterieiap komputer client.

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Search

Archives