Search This Blog

Sebab Akibat Komputer Lambat dan Cara Menanganinya

Sebab Akibat Komputer Lambat dan Cara Menanganinya - Komputer brader makin lama makin lambat / lelet / lemot seiring dengan waktu brader menggunakannya?? Hal ini tentunya sangat menjengkelkan apalagi kita tergolong orang-orang yg sehari-harinya tidak sempat lepas dari PC / Laptop untuk mendukung segala rutinitas pekerjaan kita. Baik itu bekerja untuk kantor, tugas-tugas ataupun aktifitas yg mengharuskan online di internet.

Komputer lemot pada dasarnya bisa jadi sebab pemakai tidak lebih memahami dalam mensetting dan memaintenance komputer dengan cara optimal. Bila pada artikel sebelumnya saya menulis mengenai Penyebab Komputer Restart Sendiri dan Solusinya, jadi pada artikel hari ini akan dipaparkan beberapa macam penyebab komputer berlangsung lambat berikut solusi / tutorial untuk mengatasinya.

Artikel hari ini khusus diperuntukkan bagi pemula dan tingkat menengah. Hehe.., jadi jika brader kebetulan tingkat mahir yg kebetulan pula mampir dan sesekali cengar-cengir membacanya, sekalian saya mohon petunjuk, masukan dan koreksinya. Peace Brad..!!

Dari segi hardware : 

1. Processor yg terlalu panas - Prosessor yg terlalu panas biasanya sebab tidak lebih mendapat pendinginan yg baik jadi bisa menyebabkan lambatnya kinerja system itu sendiri.

Solusi : 
Kebersihan tahap hardware butuh memperoleh perhatian khusus. Jangan hanya bisa memakai tanpa memelihara daleman komputer, sebab bagian-bagian tersebut yg menyebabkan komputer bisa bekerja dengan baik. Lakukan pembersihan dengan cara bersiklus dibagian dalam komputer dari debu, kotoran dll. Bersihkan dengan kuas yg tidak terlalu keras, bersihkan prosessor beserta kipas dan komponen lain. Perhatiakan pula exhaust fan dan ventilasi supaya tidak tertutup jadi peredaran udara berlangsung baik.

2. Memory (RAM) yg sebab terlampau kecil jadi tidak sanggup mendukung kemampuan system - Memory yg terlampau kecil sangat mensugesti kinerja system komputer dengan cara keseluruhan. Lambatnya komputer dikala membuka dan menjalankan beberapa acara pada dikala bersamaan merupakan salah satu indikator memory yg kurang.

Solusi : 
Tambahkan/upgrade memory menjadi lebih besar jadi akan menambah kecepatan komputer.

Dari segi software : 

1. Operating System (OS) dan Program terinstal tidak kompatibel dengan hardware - OS harus sesuai dengan kemampuan hardware, begitu pula acara yg akan diinstal haruslah kompatibel dengan OS itu sendiri.

Solusi : 
* OS harus sesuai dengan kemampuan hardware, begitu pula acara yg akan diinstal haruslah kompatibe. Gunakanlah OS dengan versi yg sesuai dengan spesifikasi komputer. Sebagai contoh jangan menginstal Windows Vista pada pentium II.
* Bila mengunduh aplikasi, terlebih dahulu perhatikan minimum system yg harus dimiliki komputer, semacam minimum processor, memory, kapasitas hard disk minimum yg harus tersedia, dan versi Windows yg kompatibel sebelum menginstalnya pada komputer brader.
Tips : bagi brader yg pemula biasakan menyimak minimum system requirements (persyaratan sistem minimum) yg tertera pada cover CD/DVD acara (atau biasanya ditemukan pada "read me" di dalam CD) maupun menyimak petunjuk pada website resmi pembuat software.
2. Visual Effect yg mensugesti kemampuan system – Visualisasi dan desain desktop Windows dengan cara default terbukti memakai themes yg luar biasa dan membikin desain desktop menjadi lebih keren. Tapi tahukah brader sebetulnya themes tersebut akan mensugesti kecepatan komputer

Solusi :
Untuk menolong mempercepat kinerja system, disarankan untuk mensetting visualisasi desain dengan cara minimum dan memilih Theme Classic.
Caranya : 
* Klik kanan My Computer -- > Klik Properties --> Klik Advanced System Settings

* Akan timbul System Properties --> pilih tab Advanced (untuk windows XP, dikala klik properties akan pribadi masuk ke System Properties).
* Pada tab Advanced, klik tombol Setting dibagian Performance.

Sebab Akibat Komputer Lambat dan Cara Menanganinya

* Akan timbul Performance Options, pilih tab Visual Effects, lanjutkan dengan klik Adjust for Best Performance --> OK
Sebab Akibat Komputer Lambat dan Cara Menanganinya

* Untuk merubah menjadi theme classic klik kanan pada bidang desktop Windows 7 brader. Kemudian pilih Personalize. Dari daftar Theme yg tampil, di tahap Basic and High Contrast Themes, pilih theme Windows Classic.
Sebab Akibat Komputer Lambat dan Cara Menanganinya

3. Terlalu tidak sedikit software acara yg ikut dipanggil pada dikala startup jadi akan memperlambat proses ketika menyalakan komputer pertama kali. - Hal ini dikarenakan sebab pada dikala kita menginstal sebuah program, tidak menyimak dengan cermat proses instalasi, jadi terbiasa meng-klik "Next". Sebenarnya pada step by step proses instalasi ditanyakan apakah acara tersebut diikutkan pada dikala startup atau tidak. Padahal belum sempurna kita sempurna memerlukannya setiap kali memakai komputer bukan?

Solusi :
Mendisable startup yg tidak butuh pada Startup System Configuration.

Caranya :
* Pada Start Menu Windows klik Run (atau tekan tombol icon Windows + R), ketikkan msconfig --> Enter.
* Cari tab Startup, hilangkan centang semua acara yg tidak diharapkan dikala startup, kecuali acara antivirus.
* Klik Apply, Ok, restart komputer.

Sebenarnya, artikel khusus untuk mempercepat start-up windows juga telah sempat dituliskan, untuk menonton dengan cara detail beserta gambar, silahkan simak di "Mempercepat Start-up Windows"

4. Drive kawasan dimana Windows terinstal terlampau penuh - Akibatnya tidak lumayan ruang pada hard disk untuk virtual memory jadi komputer terasa lemot ketika menjalankan tidak sedikit aplikasi.

Solusi :
Drive kawasan instalasi windows (misal drive C:/) harus disisakan minimal 12 % dari kapasitas hard drive. Simpanlah data-data pada hard disk tidak hanya drive C:/. Usahakan C:/ hanya untuk menginstall program-program.

Sistem operasi Windows memakai dua memori. Utamanya, Windows memakai RAM atau memori utama. Apabila memori mutlak telah habis dipakai, jadi Windows akan membikin memori virtual yg diambil dari sisa kapasitas hard disk.

5. Terlalu tidak sedikit acara terinstall jadi total hardisk kepenuhan - Prioritaskan hanya menginstall acara penting yg tidak jarang dipakai dan sebaiknya menyimpan data pada eksternal hard disk jika kapasitas hard disk tidak memadai (berhubungan dengan point sebelumnya)

Solusi :
* Uninstall acara yg tidak perlu.
* Nonaktifkan acara bawaan windows yg tidak butuh dan tidak sempat dipakai sebab acara tersebut hanya akan memenuhi ruang hardisk. Caranya, masuk control panel, klik Add/Remove Windows Component. Cari acara yg tidak butuh dan digunakan, umpama game internet, MSN messenger, calculator, Internet Explorer (apabila lebih menyukai browser lain) dll.
* Hapus file sampah semacam temporary file, missing shortcut dan file-file pada recycle bin. Pastikan file yg terbukti tidak terpakai yg akan dihapus dari Recycle Bin. (untuk membersihkan file-file ini bisa memakai Tune Up Utilities, telah sempat dituliskan disini).
* Bila ingin membikin supaya komputer brader dengan Office versi lama (Ms. Office 2003 dan sebelumnya) bisa membuka Office versi 2007 docx, pptx, xlsx, tapi hardisk brader kebetulan menyisakan sedikit ruang tersedia, bisa menginstal converter dari microsoft. Artikelnya telah sempat ditulis di blog ini beserta link downloadnya di sini.

6. Management file pada hard disk yg tidak teratur - Kebiasaan menempatkan file-file dengan cara sembarangan dan proses hapus-tulis (copy sana-sini, pindah sana-sini) akan mensugesti kinerja system dengan cara keseluruhan.

Solusi : 
Defragment drive hard disk dengan cara bersiklus (minimal 3 bulan sekali) tergantung pada pemakaian, kebiasaan proses hapus tulis dan kegiatan instal-uninstall acara pada komputer.

Disk Defragmenter merupakan utility Windows yg mengkonsolidasikan file yg mengalami fragmentasi di dalam hard disk komputer jadi masing-masing file tersebut menempati sebuah space tunggal didalam hard disk. Dengan file yg tersimpan rapi ujung ke ujung tanpa mengalami fragmentasi, jadi akan dipastikan bahwa proses pembacaan dan penulisan file menjadi lebih cepat.

Caranya :
Klik Start --> All Programs --> Accessories --> System Tools --> Disk Defragmenter.
Pada kotak obrolan Disk Defragmenter, klik Drive yg ingin dilakukan Defragment dan klik tombol Analyze. Setelah disk dianalisa, jadi kotak obrolan timbul untuk mengkonfirmasikan bahwa brader akan melakukan proses defragmentasi drive. Windows akan mengumumkan pada kita apakah drive butuh di defragment atau tidak. Biasanya akan memerlukan waktu yg lama, jadi dari itu pilih dikala brader kalem dan sedang tidak memerlukan memakai komputer untuk bekerja.

7. Terlalu tidak sedikit membuka acara – Nah penyebab ini yg paling parah, tidak sedikit pemakai tetap melakukan faktor ini tanpa menyadarinya. Memaksakan membuka software berlebihan padahal RAM pas-pasan dan kapasitas sisa ruang hardisk sangat sedikit jelas-jelas memperlambat system keseluruhan.

Solusi : 
Matikan software yg kiranya tidak dibutuhkan atau sementara bisa ditunda. Misalnya mengalah pada diri sendiri untuk mematikan winamp ketika sedang menjalankan software yg memperlukan memory besar semacam software grafis merupakan perbuatan bijaksana.

8. Komputer terjangkit virus - virus pada system sangat mensugesti kinerja system dan otomatis memperlambat system dengan cara keselurahan.

Solusi :
Instal antivirus merupakan harus hukumnya dan harus dipastikan antivirus rutin terupdate. Lebih baik mencegah daripada memberangus seusai virus menyebar. Carilah referensi mengenai antivirus yg ringan dan sesuai untuk spesifikasi komputer brader.

9. Error pada program- biasanya terjadi pada acara yg pada dikala dijalankan, komputer tiba-tiba mati atau pada dikala instalasi tersedia file-file corrupt.

Solusi :
Repair atau install ulang acara bisa menanggulangi persoalan ini.

Tips menanggulangi komputer lambat untuk yg sering/selalu terhubung dengan koneksi internet :

  • Browsinglah dengan cara efisien & manjur dengan membuka link pada Tab baru. 
  • Caranya klik kanan link yg akan dibrowse, kemudian klik Open in New Tab. Meskipun demikian jangan terlalu berlebihan browsing dengan membuka tidak sedikit tab, tutuplah tab yg telah berakhir dibaca atau tidak dibutuhkan lagi. Terlalu tidak sedikit membuka Jendela Browser pada waktu browsing bisa mengakibatkan komputer melambat. 
  •  Hapus temporary internet files dengan cara berkala. 
  • Matikan automatic update dari windows. (Update sewaktu-waktu dengan cara manual pada dikala waktu luang, akan namun kalau Windows brader merupakan bajakan jangan melakukan update).
  • Matikan automatic update dari acara yg memerlukan update. Namun perbuat update dengan cara manual, sebab biar bagaimanapun update akan penting untuk penyempurnaan acara dan menanggulangi error. Apabila koneksi komputer brader tidak stabil, perbuat update dikala koneksi internet lancar.
  • Untuk mempercepat koneksi internet, telah sempat dituliskan pada blog ini disini.

Previous
Next Post »

No comments:

Post a Comment

 

Translate

Search

Archives